RSS

Yuk, Sayangi Lingkungan Kita...

Yuk, Sayangi Lingkungan Kita..

            Pernahkah kamu mendengar lagu yang liriknya :
Pendaki gunung sahabat alam sejati
Jaketmu penuh lambang, lambang kegagahan
Memproklamorkan dirimu pecinta alam....
nananana dan seterusnya yang saya sendiri kurang hafal. Sebenernya gag harus pecinta alam yang jadi sahabat alam, gag juga harus mendaki gunung buat sekedar membuktikan tapi setiap makhluk yang namanya manusia “harusnya” bisa jadi sahabat alam ini.

 
            Kita bisa mulai dari hal-hal kecil yang kita dan anak SD pun juga bisa lakukan, hal inilah yang paling disarankan banyak orang apalagi petugas DPU. Iya, bener banget buang sampah pada tempatnya. Selain mencegah banjir juga akan menjadikan lingkungan bersih jadi bisa dibilang menambah nilai estetika. Ada baiknya untuk memisahkan sampah organik dan anorganik , karena sampah organik bisa kita jadikan kompos atau dibuang ke dalam lubang biopori yang ujungnya jadi kompos juga. Sampah anorganik kalau kita kreatif  bisa diubah menjadi benda bernilai ekonomi seperti :

Sampah anorganik yang tidak dimanfaatkan baiknya diremukkan dulu sebelum dibuang hal ini bertujuan agar lebih cepat “dicerna” oleh tanah. Tips untuk mengurangi sampah plastik :
1. Menggunakan tempat minum yang tidak sekali pakai.
2. Membawa tas belanja sendiri, jadi kantong plastik akan tergantikan nilai gunanya.
Selain itu hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan menghemat kertas dan tisu, karena kedua benda ini berbahan baku dari kayu. Semakin banyak penggunaannya semakin banyak pohon di tebang dan semakin panas pula bumi ini. Tipsnya adalah untuk kertas bisa digantikan dengan soft file dikomputer sedangkan untuk tisu bisa digantikan dengan sapu tangan atau handuk kecil. Gerakan yang tidak kalah penting adalah hemat energi listrik dan bahan bakar fosil. Tips untuk hemat listrik adalah :
-          Matikan lampu disiang hari
-          Cabut steker dari alat-alat elektronik yang tidak digunakan
-          Memilih alat elektronik yang hemat energi.
Sedangkan tips untuk hemat bahan bakar adalah dengan cara menggunakan fasilitas angkutan umum atau mulai menggunakan sepeda untuk berangkat ke sekolah, kampus, atau kantor, selain sehat dan bermanfaat sepeda juga tidak menimbulkan polusi udara dan tentunya hemat biaya, bisa juga dengan nebeng temen. Di usahakan agar 1 sepeda motor jangan untuk 1 orang saja. J berlaku juga buat alat transportasi pribadi yang lain.
Jadi selamat mencoba..  by Annita Rahmawati (posted and edited by E. A Lintang W) |KPPA WNGP

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar